Kamis, 22 September 2011

Berbagai Nikmat Allah Kepada Kaum Mukminin pada Perang Badar (2)

3. Rasulullah SAW bermimpi melihat kaum musyrikin berjumlah sedikit

Allah memperlihatkan kepada Rasulullah dalam mimpinya jumlah personil dan perlengkapan kaum musyrikin menjadi sedikit lalu Rasulullah SAW menyampaikannya kepada para sahabat.Sebagaimana diketahui setiap muslim bahwa mimpi para Nabi adalah benar,maka ketika mendengar informasi tersebut dari mimpi Nabi Muhammad SAW mereka semakin termotivasi dan terdorong untuk memerangi kaum musyrikin.

Seandainya Allah memperlihatkan kepada Nabi Muhammad SAW jumlah kaum musyrikin sangat banyak kemudian Nabi Muhammad SAW menyampaikannya kepada para sahabat, niscaya kaum muslimin akan terguncang, akan berselisih pendapat dan takut berperang melawan mereka,lalu timbul perpecahan di kalangan mereka sehingga melemahkan kekuatan mereka dan mengurangi kewibawaan mereka terhadap musuh. Tetapi Allah menyelamatkan mereka dari perpecahan ini dengan memperlihatkan kepada RasulNya jumlah kaum musyrikin nampak sedikit. Allah berfirman mengingatkan para hambaNya kepada nikmat dan karunia ini “Ketika Allah menampakkan mereka kepadamu di dalam mimpimu(berjumlah) sedikit. Dan sekiranya Allah memperlihatkan mereka kepada kamu(berjumlah) banyak tentu saja kamu menjadi gentar dan tentu saja kamu akan berbantah-bantahan dalam urusan itu” (QS Al Anfal ayat 43)

4. Kaum Muslimin melihat kaum Musyrikin berjumlah sedikit

Untuk menguatkan mimpi yang telah disampaikan Nabi Muhammad SAW kepada kaum muslimin tersebut diatas,Allah memperlihatkan pula kepada kaum muslimin dalam keadaan terjaga (bukan lewat mimpi) bahwa jumlah kaum musyrikin sedikit, sehingga hal ini semakin menggerakkan dan mendorong mereka untuk memerangi kaum musyrikin.

Dari Abdullah bin Mas`ud r.a, ia berkata “Mereka telah dinampakkan sedikit dalam pandangan mata kami pada perang Badar hingga aku bertanya kepada seseorang yang ada disebelahku, apa kamu lihat mereka berjumlah tujuh puluh ? orang itu menjawab,” tidak, tetapi sertus”. Hingga akhirnya kami berhasil menangkap salah seorang diantara mereka lalu kami menanyakannya. Ia menjawab “Kami berjumlah seribu”

5.Mendorong Kedua belah pihak untuk berperang

Agar Allah melaksanakan urusanNya, agar terjadi peperangan dan berlangsung pertempuran berdarah,maka Allah mendorong masing-masing pihak dengan yang lainnya dengan membuat musuhnya nampak sedikit dalam pandangannya. Allah berfirman “Dan ketika Allah menampakkan mereka kepada kamu sekalian ketika kamu berjumpa dengan mereka,berjumlah sedikit pada penglihatan matamu dan kamu ditampakkanNya berjumlah sedikit pada penglihatan mata mereka, karena Allah hendak melakukan suatu urusan yang mesti dilaksanakan. Dan hanya kepada Allahlah dikembalikan segala urusan. (QS Al Anfal ayat 44)

Ada hikmah lain dari ditampakkannya sedikit jumlah kaum muslimin di mata kaum Musyrikin sebelum pertempuran ini, yaitu bila mereka menganggap sedikit jumlah kaum muslimin pasti mereka akan menganggap enteng dan tidak optimal dalam persiapan dan kehati-hatian, sehingga hal itu menjadi sebab keunggulan dan kemenangan kaum muslimin atas mereka.

6. Diantara nikmat Allah kepada kaum Mukminin di Badar pada permulaan peperangan ialah bahwa kaum muslimin masih tetap melihat sedikit jumlah kaum musyrikin, sedangkan Allah telah mengubah kondisi kaum musyrikin dengan menampakkan jumlah kaum muslimin menjadi banyak dalam penglihatan mata mereka hingga dua kali lipat jumlah kaum musyrikin. Sehingga hal ini semakin menggerakkan kaum muslimin untuk memerangi kaum musyrikin, menguatkan jiwa,hati dan maknawiyah mereka. Dan pada saat yang sama membuat kaum musyrikin menjadi gentar,karena merasa tidak ada kemampuan untuk memerangi kaum mukminin yang jumlah personil dan perlengkapan mereka jauh lebih banyak. Allah berfirman mengingatkan nikmat ini kepada para hambaNya “Sesungguhnya telah ada tanda bagi kamu pada dua golongan yang telah bertemu(bertempur). Segolongan berperang di jalan Allah dan segolongan yang lain kafir yang dengan mata kepala melihat(seakan-akan) orang-orang muslimin dua kali jumlah mereka. Allah menguatkan dengan bantuanNya siapa yang dikehendakiNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai mata hati” (QS Ali Imran ayat 13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar