Sabtu, 24 September 2011

Meruntuhkan Mimbar Gubernur Mesir


Khalifah Umar bin Khattab r.a dikenal dengan ketegasannya dalam memerintah dan mengawasi para pegawai dan gubernur yang menjadi pembantunya dalam menjalankan pemerintahan. Beliau sangat ketat dalam meneliti pendapatan dan harta benda yang dimiliki oleh para gubernurnya. Setiap pegawai yang diangkatnya akan dicek secara akurat harta kekayaanya dan dimintai tanggungjawabnya bila ada penambahan pada masa ia menjabat.

Jika terjadi peningkatan maka akan diambil separonya atau bila perlu maka akan diambil semuanya dan kemudian diserahkan ke Baitul Mal. Amirul Mukminin Umar bin Khattab juga sering mengadakan lawatan secara mendadak untuk mengecek keadaan rakyatnya secara langsung.

Seperti pada kisah Gubernur Mesir saat itu Amru bin Ash. Beliau dilaporkan membuat satu mimbar khusus untuk dirinya di Mesir. Ini menyebabkan Umar al-Khattab menjadi marah lalu menghantarkan surat kepada Amru yang isinya “Aku mendengar kamu telah membuat satu mimbar agar bisa meninggikan dirimu dari rakyatmu, apakah tidak cukup kamu berdiri dan mereka berada di kakimu, aku ingin kamu segera meruntuhkan mimbarmu”

Kemudian sesegera mungkin Gubernur Amru bin Ash melaksanakan perintah atasannya itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar