Sabtu, 24 September 2011

Sekitar Kita Asma binti Umais r.a Menepis Fitnah di Keluarga Ahlul Bait

Imam Ibnu Katsir menerangkan didalam kitabnya Bidayah wan Nahiyah tentang seorang Sahabiyah yang utama bernama Asma binti Umais bin Maadd bin Tamin al Khatsamiyyah. Beliau adalah isteri Khalifah Abu Bakar ra yang sebelumnya istri dari oleh Jafar bin Abi Talib r.a

Dari pernikahan dengan Jafar bin Abi Talib r.a beliau melahirkan tiga putra yakni Abdullah, Muhammad dan Aunan.

Sedangkan dari pernikahan dengan Abu Bakar ra beliau melahirkan Muhammad bin Abu Bakar ra. Kemudian saat ia menikah dengan Imam Ali bin Abi Talib r.a maka Muhammad bin Abu Bakar menjadi anak tiri atau anak angkat kepada Ali ra.

Setelah Abu Bakar ra meninggal dunia beliau berkahwin pula dengan Ali bin Abi Talib , adik suaminya yang pertama.Beliau adalah isteri ke enam bagi Ali ra.

Pernikahan dengan Imam Ali r.a melahirkan Yahya dan Muhammad al Ashgar.

Sesuatu yang istimewa dengan pribadi Asma binti Umais r.a, beliau adalah sahabat terdekat Siti Fatimah Az Zahra r.a. Asma inilah yang mendampingi Fatimah r.a. dengan setia dan melayaninya dengan penuh kasih-sayang semasa sakit hingga detik-detik terakhir hayatnya.

Bila demikian dekat hubungan Asma ra dengan Fatimah ra maka berarti dekat jugalah hubungan dengan Abu Bakar ra , kerana saat itu Asma adalah isteri Khalifah Abu Bakar. Perlu diingat Fatimah ra meninggal dunia enam bulan setelah Rasullah saw meninggal dunia. Jadi bagaimana bisa timbul fitnahtentang kerengangan hubungan Fatimah r.a dan Ali r.a dengan Abu Bakar ra.? Dikatakan oleh sebagian orang bahwa berita kewafatan Fatimah ra. telah dirahasiakan dari pengetahuan Abu Bakar ra.

Perlu kita ketahui bahwa rumah Fatimah r.a dan Imam Ali r.a adalah di pinggir masjid Nabawi, dan Abu Bakar r.a adalah Imamnya , lalu apa mungkin kematian Fatimah r.a menjadi rahasia? Sedangkan Asma binti Umais r.a yang menguruskan jenazah Fatimah r.a adalah sahabat baik Fatimah r.a adalah isteri Amirul Mukminin Abu Bakar r.a. Wallahu’alam bis shawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar